Asri Mulyani Rotating Header Image

Film

GREEN ZONE “Mengungkap Pemicu Perang Irak”

Pemicu meledaknya perang Irak adalah keyakinan bahwa di negeri yang dipimpin oleh Saddam Hussein ini tersimpan sejumlah senjata pemusnah masal yang disembunyikan di suatu tempat di negeri ini. Berbekal keyakinan itu, pemerintah Amerika memerintahkan Chief Warrant Officer Roy Miller (Matt Damon) untuk mencari tahu lokasi senjata berbahaya ini.

Informasi lokasi senjata pemusnah masal ini jelas tak bisa didapat dari pihak Irak yang bersikukuh bahwa mereka tak memiliki senjata seperti yang dituduhkan pemerintah Amerika ini. Terpaksa Roy harus melacak lokasi senjata ini hanya dengan berbekal berbagai informasi yang didapatnya dari pihak intelejen. Meski sudah mendapat bantuan peralatan canggih, tetap saja pekerjaan ini bukan pekerjaan tanpa resiko.

Roy dan timnya harus menyisir padang pasir yang dipenuhi ranjau darat. Di tengah penyelidikan ini Roy mulai curiga bahwa ada sebuah konspirasi besar yang berusaha menutupi apa yang sebenarnya terjadi di Zona Hijau ini. Roy tahu bahwa pihak intelejen dari kedua belah pihak sedang berusaha membuat cerita yang menguntungkan pihak mereka masing-masing. Di saat genting seperti ini, kebenaran adalah senjata yang paling ditakuti. (more…)

BRIGHT STAR, “Kisah Cinta Seindah Puisi”

Puisi memang hanya sederet kata-kata yang buat mata awam seperti tak bermakna jelas tapi di sisi lain puisi juga punya kekuatan yang kadang tak bisa dibayangkan oleh nalar orang awam. Puisi juga yang telah membangun jembatan di antara dua hati yang berbeda dan menyatukannya dalam serangkaian kisah indah. Namun seperti puisi juga, kisah itu harus berakhir tragis, pedih namun manis.

Seumur hidupnya yang John Keats (Ben Whishaw) tahu adalah puisi. Buatnya puisi sudah lebih dari sekedar minat. Puisi adalah dunianya. Di saat yang sama, Fanny Brawne (Abbie Cornish) adalah seorang gadis muda yang penuh semangat hidup namun tak pernah bersentuhan dengan dunia literatur pada umumnya. Meski keduanya bertetangga, namun John dan Fanny adalah dua kutub magnet yang berbeda.

Perhatian Fanny baru tertuju pada John saat ia mengetahui kalau selama ini John tak pernah lelah merawat adiknya yang sakit parah. Berawal dari keinginan Fanny membantu John merawat adiknya, persentuhan Fanny dengan dunia puisi pun dimulai. Puisi pula yang telah meluluhkan hati mereka dan menyatukan mereka dalam indahnya kasih. Sayang, waktu bukan milik mereka berdua karena sakit yang diderita John Keats akhirnya memisahkan mereka berdua. (more…)

Alice in Wonderland, ” Petualangan ke Dunia Ajaib”

Tak terasa waktu telah bergulir dengan cepat. Alice (Mia Wasikowska) kini telah berusia 19 tahun dan melupakan segala petualangan yang sempat ia alami ketika masih kecil. Alice tak akan ingat jika saja petualangan itu tak datang lagi kepadanya tepat ketika ia sedang berada di sebuah pesta.

Alice yang sedang berada di sebuah pesta tiba-tiba menyadari bahwa ia akan segera dilamar di hadapan para pengunjung pesta saat itu. Merasa tak siap menghadapi itu, Alice pun mencoba untuk menghindar. Saat berusaha melarikan diri inilah Alice bertemu White Rabbit (Michael Sheen) yang membimbingnya masuk ke lubang yang ternyata menuju ke Wonderland.

Sepeninggal Alice sepuluh tahun sebelumnya, terjadi sebuah kudeta. Red Queen (Helena Bonham Carter) berhasil mengambil alih kekuasaan dari White Queen (Anne Hathaway). Seluruh penghuni Wonderland hanya bisa menunggu waktu yang tepat sambil mempersiapkan diri untuk merebut kembali kekuasaan dari Ratu yang jahat ini.

Kembali bertemu Cheshire Cat (Stephen Fry), Tweedledee dan Tweedledum (Matt Lucas), March Hare (Noah Taylor), Mad Hatter (Johnny Depp) dan Caterpillar (Alan Rickman), ingatan masa lalu Alice pun kembali. Kini Alice menjadi tumpuan harapan semua penghuni Wonderland yang telah lama hidup dalam tekanan.

Kisah petualangan Alice di Wonderland memang bukan cerita baru. Lewis Carroll telah menulis kisah ini di tahun 1865 dan setelah lewat seratus tahun, kisah ini tetap saja jadi salah satu kisah yang cukup menarik. Sebenarnya kalau mau jujur, kisah Alice di Wonderland ini bukanlah murni cerita untuk anak-anak. Kisah yang ditulis Lewis Carroll ini terlalu ‘suram’ untuk ukuran anak kecil. Banyak metafora yang tak akan dipahami anak kecil dan sepertinya itulah yang ingin dikomunikasikan Tim Burton kali ini. (more…)